Fakta Menarik Tentang Daur Ulang

Fakta Menarik Tentang Daur Ulang

Fakta Daur Ulang-Salah satu cara terbaik untuk menghemat energi dan melestarikan lingkungan ialah dengan Daur Ulang. Tetapi dengan rendahnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, dalam hal ini daur ulang pada masyarakat saat ini menjadi kendala terbesar.
Fakta Menarik tentang daur ulang antara lain :

  • Fakta pertama : Dengan Daur ulang, 1 buah kaleng aluminium bekas softdrink, dapat menghidupkan TV selama 3 jam.
  • Fakta 2 :1 buah botol kaca, (bekas sirup atau kecap), dapat menghidupkan Laptop selama 1 Jam.
  • Fakta  3:1 buah botol plastik, bisa menghemat listrik yang dapat digunakan untuk menghidupkan bohlam lampu 60 Watt selama 3 jam.
  • Fakta Daur ulang 4 :Menghemat Listrik 70 % dari Daur Ulang kertas dibandingkan dengan produksi dari bahan mentah.

Fakta menarik tentang daur ulang lainnya :

  • 60% sampah yg kita buang sehari-hari di tempat sampah dapat di daur ulang.
  • 16% harga barang yg kita beli untuk membayar pembungkus produk tersebut, yang akhirnya nanti akan kita buang.
  • 50% sampah yang kita buang dptt dijadikan pupuk / kompos.
  • 8 juta potong sampah masuk ke laut setiap hari.
  • Lebih dari 80% sampah plastik di seluruh dunia langsung dibuang ke tempat sampah yang akhirnya ke laut tanpa di daur ulang.
  • 90% dari seluruh sampah di laut adalah plastik

Fakta - fakta di atas sangat menarik untuk dibahas. Fakta yg mengatakan tentang 16% dari harga barang yg kita beli adalah untuk membayar bungkusnya( yang akhirnya nanti kita buang). Harga sebuah kemasan yang membuat harga lebih mahal dari produknya dan akhirnya akan kita buang di tempat sampah rumah. Bayangkan penghematan yang bisa didapat bila kita bisa mencari jalan untuk mengurangi sampah kemasan produk yang berlebihan. Tetapi kesadaran masyarakatlah yang di perlukan, sehingga gaya hidup hijau dapat mulai di terapkan.

Dari hasil dan fakta menarik tentang daur ulang di atas, Semoga dapat menyadarkan kita tentang pentingnya daur ulang. Hal sederhana yg bisa kita lakukan adalah mengurangi sampah dan membuang sampah pada tempatnya.
Seperti misalnya mengurangi sampah botol plastik, mulai membedakan sampah organik dan anorganik, mengurangi kertas, dan lain sebagainya.

Banyak hal dalam kegiatan sehari-hari untuk dapat memulai memeperdulikan lingkungan dan gaya hidup hijau (green living). Kita selalu dapat memulai dari diri sendiri, sebelum menularkannya ke lingkup keluarga dan lingkup yang lebih besar, dari hal-hal yg sederhana akan dapat menimbulkan efek yang sangat berarti bagi lingkungan, dan keleastarian alam.
Ingat 3 hal pokok dari "green living”  atau gaya hidup hijau, yg menunjang akan kelangsungan hidup sehat dan hijau, yaitu  reduce, reuse, dan recycle (3R), mengurangi, menggunakan kembali, daur ulang.  Mari sebisa mungkin bersama-sama menghijaukan dunia tempat tinggal kita. Fakta - fakta menarik tentang daur ulang.

Teror Paling menakutkan saat ini adalah sampah dari "Popok Bayi".
Sampah Popok Bayi merupakan sampah yang lumayan  susah dimanfaatkan. tidak bisa dimanfaatkan jadi biogas atau pupuk organik. Diperkirakan popok membutuhkan waktu 250 - 500 tahun kedepan untuk benar-benar terdaur ulang. bisa di bayangkan?

Artikel selanjutnya Membahas tentang Pemanfaatan Popok Bayi bagi tanaman.


Tag : Daur Ulang
0 Komentar untuk "Fakta Menarik Tentang Daur Ulang"

Back To Top